ANBK di Paket C Basmala


Grobogan 29 Agustus 2022

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Basmala yang beralamat di Jl. Pilangsari Raya no 99 Desa Gubug Kec Gubug Kab Grobogan melakukan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Paket C, peserta ANBK adalah sampling dari siswa yang terdaftar di Paket C Basmala tahun 2022/2023.
Haryono Nurwibowo selaku penanggung jawab program paket C/ Setara SMA Basmala menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 40 peserta sampling dari siswa PKBM Basmala, kegiatan ANBK di PKBM Basmala dilaksanakan pada Gelombang 1 yaitu pada tanggal 29-30 Agustus 2022.

Kegiatan ANBK ini membuktikan bahwa PKBM juga sama dengan sekolah formal (SMA/SMK/MA)  pada umumnya dengan dibuktikan bahwa pelaksanaan bersamaa dengan sekolah formal, imbuh Haryono.

Dikutip dari laman Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbudristek, instrumen yang dipakai di ANBK adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

AKM menjadi instrumen yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Sementara Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.

Sedangkan Survei Lingkungan Belajar akan mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar