PKBM mengispirasi Indonesia dengan Jambore Pendidikan Kesetaraan


 

Pembukaan Jambore Pendidikan Kesetaraan 2023


Baturaden, 1 Juli 2023

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK PKBM) Jawa Tengah, menggelar Jambore Pendidikan Kesetaraan di Bumi Perkemahan Baturraden Banyumas. Kegiatan yang diikuti  perwakilan Kabupaten dan Kota Se Jawa Tengah.

Ari lanang selaku Sekretaris FK PKBM menyampaikan "Jambore Pendidikan Kesetaraan yang mengusung tema Kemah Agawe Bungah PKBM Gumregah dan karena ada dasarnya dan ada undang - undangnya. Selain itu melalui Jambore Pendidikan Kesetaraan juga memberikan ruang kreasi bagi para warga belajar yang menempuh pendidikan non formal/PKBM.


foto bersama perolehan mendali diberbagai cabang perlombaan di Jambore Pendidikan Kesetaraan


Ditempat yang berbeda Misbachul Munir
tujuan jambore adalah  mensosialisasikan kepada masyarakat tentang keberadaan dan eksistensi PKBM di Jawa Tengah yang saat ini tidak sebagai alternatfi pendidikan lagi akan tetapi sebagai Pilihan dalam layanan pendidikan. 

Misbachul Munir di dampingi Ketua Pelaksana Fathuri dalam penyerahan piala kepada peserta Jambore

Pemberian  Cinderamata kepada Semua Ketua DPD FK PKBM se Jateng dalam mensukseskan Jambore Pendidikan Kesetaraan


Peserta pada  Jambore Pendidikan Kesetaraan sejumlah 420 peserta yang terdiri dari peserta didik sebanyak 280, pendamping sebanyak 70, panitia pelaksana sebanyak 48, dan tamu undangan sebanayak 22. imbuh Misbachul Munir yang menjabat sebagai Ketua 1 DPW FK PKBM Jawa Tengah.

Fathuri menyampaikan dalam Jambore selain sebagai ajang silaturahmi pegiat pendidikan non formal juga diadakan berbagai lomba  seperti lomba kreatifitas daur ulang sampah, lomba yel-yel, desain poster PKBM, vlog pendidikan kesetaraan, lomba tutor berprestasi.

Dalam Acara penutupan Jambore Pendidikan Kesetaraan  di lakukan pengumuman dari hasil dari berbagai perlombaan yang diikuti peserta dan pada tahun ini Kabupaten Sragen sebagai Juara Umum ujar Fathuri.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono dalam penutupan  Jambore Pendidikan Kesetaraan menyampaiakan bahwa Jambore merupakan ajang yang sangat positif untuk bisa menumbuhkan dan membentuk jiwa patriotisme. Serta memupuk rasa bangga menjadi peserta didik pendidikan kesetaraan.

Pada hari ini membuktikan pada masyarakat bahwa PKBM itu adalah salah satu pendidikan tujuan bukan alternatif bahwa PKBM pengelolan mempunyai komitmen yang tinggi yakinkan pada masyrakat bahwa anak anaknya yang belajar di PKBM dipastikan akan mendapatkan layananan sesuai dengan indikator saat ini apa yang dilakukan saat ini adalah bagian implementasi kurikulum saat ini tentang P5. imbuhnya

Jambore Pendidikan Kesetaaan akan membina mengenalkan budaya daerahdan membentuk jiwa patriotisme dan bangga menjadi peserta didik pendidikan kesetaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar