Ujian Tasmi' (Program Tahfidz) di Kesetaraan A/SDT Basmala


Senin, 28 November 2022
Salah satu program di PKBM Basmala Grobogan adalah program Tahfidz bagi peserta didik yang tergabung di satuan pendidikan,

Kesetaraan A/SDT Basmala merupakan program rintisan yang berjalan 3 tahun ini, Kesetaraan A yang merupakan pendidikan non formal yg sama dengan jenjang SD formal, baca pada peraturan UU no 20 tahun tentang sistem pendidikan nasional ( Pasal 12 ayat 1 ) dinyatakan pendidikan memiliki jalur formal, non formal dan informal, di PKBM Basmala menerapkan  program yang berbasis konsep homeschooling dan program Tahfidz bagi peserta didik, kegiatan pembelajaran yang dikemas dengan metode yang menyenangkan terhadap peserta didiknya. 

Mulai dari kegiatan pagi dilakukan penyambutan oleh Kak, Mis dan Bunda (sebutan kami kepada guru, ustadz, ustadzah dan pendamping) saat di satuan pendidikan/sekolah. Dilanjutkan menaruh tas di kelas masing masing-masing kemudian menuju di aula yang biasa digunakan untuk kegiatan keagamaan/pertemuan, saat pagi aula digunakan untuk sholat Dhuha berjamaah kemudian untuk pembelajaran Tahfidz sesuai dengan pendampingnya masing-masing disini peserta didik diklasifikasikan (di seleksi) sesuai dengan tingkat capaian peserta didik jadi ada anak yang kelas 3 masih ikut kelas dasar bersama peserta didik kelas 1 atau 2, kegiatan tersebut dilakukan sampai jam 09.45. ujar Ibu Masruroh selalu koordinator Tahfidz di SDT Basmala. 

Setelah kegiatan Tahfidz peserta didik belajar tematik seperti sekolah formal pada umumnya akan tetapi di basmala bekerja sama dengan IHF (Indonesia Heritage Fondation) dalam penanaman karakter peserta didik.

Makan dan istirahat siang dilakukan di basmala untuk menjalin rasa sosial terhadap teman sebaya dan juga menjalin keakraban dalam penanaman karakter peserta didik
Pada sore hari peserta didik diajarkan muatan lokal yaitu pembelajaran Diniyah yaitu kegiatan pembelajaran yang mempelajari tentang tata Krama seorang, Pegon Arab (tulisan Jawa memakai huruf Arab), ilmu Fiqih, Fasholatan dan bahasa Arab.

Kegiatan beragan juga diterapkan di PKBM Basmala misalnya anak anak diajarkan kesenian rebana, renang dll.

Semoga dengan adanya berbagai kegiatan yang dilakukan di PKBM Basmala bisa mewujudkan generasi yang berakhlak mulia, unggul, cerdas dan berprestasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar